Resep Wajik Ketan Gula Merah: Manis Legit, Gurih, dan Bikin Nagih

Wajik ketan gula merah merupakan jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan, santan, dan gula merah. Berikut cara membuat wajik ketan gula merah yang mudah dan praktis. [max 150 characters]
Resep Wajik Ketan Gula Merah: Manis Legit, Gurih, dan Bikin Nagih

Wajik Ketan Gula Merah: Cita Rasa Tradisional yang Manis Legit

Wajik ketan gula merah merupakan salah satu jajanan pasar tradisional Indonesia yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dikukus lalu diberi gula merah dan santan, hingga menghasilkan rasa yang manis legit dan tekstur yang lembut. Wajik ketan gula merah biasanya disajikan dalam potongan-potongan kecil, dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Bahan-Bahan Membuat Wajik Ketan Gula Merah:

- 1 kg beras ketan putih, cuci bersih dan rendam selama 30 menit - 200 gram gula merah, sisir halus - 200 ml santan kental - 1/2 sendok teh garam - 1 lembar daun pandan, potong kecil-kecil - 100 gr kelapa parut, sangrai hingga berwarna keemasan

Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah:

1. Kukus Beras Ketan: - Setelah beras ketan direndam selama 30 menit, kukus beras ketan hingga matang. 2. Membuat Kinca Gula Merah: - Campurkan gula merah, santan, garam dan daun pandan dalam panci. - Masak dengan api kecil hingga gula merah larut dan mengental. 3. Mencampur Beras Ketan dan Kinca Gula Merah: - Setelah beras ketan matang, angkat dan pindahkan ke dalam baskom. - Tuangkan kinca gula merah ke dalam baskom yang berisi beras ketan. - Aduk rata hingga gula merah dan santan tercampur sempurna dengan beras ketan. 4. Membungkus Wajik Ketan: - Siapkan plastik atau daun pisang sebagai pembungkus wajik ketan. - Ambil 1 sendok makan penuh adonan wajik ketan dan bungkus dengan plastik atau daun pisang. - Rapikan bungkusan wajik ketan dan pastikan terbungkus rapat. 5. Mengukus Wajik Ketan: - Panaskan kukusan hingga air di dalamnya mendidih. - Masukkan bungkusan wajik ketan ke dalam kukusan. - Kukus wajik ketan selama 15-20 menit hingga matang. 6. Menyajikan Wajik Ketan Gula Merah: - Setelah wajik ketan matang, angkat dan biarkan hingga dingin. - Setelah dingin, buka bungkusan wajik ketan dan potong-potong sesuai selera. - Taburi wajik ketan dengan kelapa parut sangrai. - Wajik ketan gula merah siap untuk disajikan dan dinikmati.

Tips Membuat Wajik Ketan Gula Merah yang Sempurna:

- Pastikan beras ketan direndam terlebih dahulu sebelum dikukus. Ini akan membuat beras ketan lebih lembut dan mudah matang. - Gunakan gula merah asli untuk mendapatkan rasa yang manis dan legit yang khas. - Jangan masak kinca gula merah dengan api terlalu besar, karena dapat membuat gula merah gosong. - Bungkus wajik ketan dengan rapi dan rapat, agar tidak ada udara yang masuk dan membuat wajik ketan menjadi kering. - Kukus wajik ketan dengan api sedang hingga matang. Jika api terlalu besar, wajik ketan dapat menjadi keras dan tidak lembut. - Setelah wajik ketan matang, biarkan hingga dingin sebelum dipotong-potong dan disajikan. Ini akan membuat wajik ketan lebih mudah dipotong dan tidak mudah hancur.

Wajik Ketan Gula Merah: Simbol Budaya dan Kebanggaan Bangsa

Wajik ketan gula merah merupakan salah satu jajanan pasar tradisional Indonesia yang sangat populer dan disukai oleh masyarakat. Makanan ini tidak hanya memiliki rasa yang manis legit dan tekstur yang lembut, tetapi juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Wajik ketan gula merah seringkali disajikan dalam berbagai acara adat dan pernikahan, sebagai simbol kegembiraan dan kebahagiaan. Selain itu, wajik ketan gula merah juga merupakan salah satu jajanan pasar yang paling banyak dicari saat Lebaran. Hal ini menunjukkan bahwa wajik ketan gula merah merupakan salah satu makanan yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.