Cara Bikin M-Banking: Mudah dan Cepat Kapan Saja di Mana Saja

Pelajari cara mudah membuka rekening dan mengaktifkan layanan m-banking melalui ponsel Anda untuk kemudahan transaksi perbankan.
Cara Bikin M-Banking: Mudah dan Cepat Kapan Saja di Mana Saja

Cara Mudah Membuat m-Banking

Mobile banking atau m-banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses melalui perangkat seluler, seperti ponsel pintar atau tablet. Dengan m-banking, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu datang ke kantor cabang bank.

Keuntungan Menggunakan m-Banking

Ada banyak keuntungan menggunakan m-banking, di antaranya:

  • Mudah dan nyaman digunakan. M-banking dapat diakses dengan mudah melalui perangkat seluler yang selalu kita bawa kemana-mana. Selain itu, tampilan dan menu m-banking biasanya dirancang agar mudah dipahami dan digunakan, bahkan oleh nasabah yang tidak terbiasa menggunakan teknologi.
  • Aman. M-banking menggunakan sistem keamanan yang canggih untuk melindungi data dan transaksi nasabah. Selain itu, nasabah juga dapat mengatur sendiri keamanan akun m-banking mereka, seperti dengan mengaktifkan fitur two-factor authentication.
  • Cepat. Transaksi melalui m-banking biasanya lebih cepat dibandingkan dengan transaksi melalui kantor cabang bank. Hal ini karena m-banking tidak memerlukan proses verifikasi dokumen fisik dan tanda tangan basah.
  • Terjangkau. Biaya transaksi melalui m-banking biasanya lebih murah dibandingkan dengan biaya transaksi melalui kantor cabang bank.

Cara Membuat m-Banking

Untuk membuat m-banking, nasabah perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Datang ke kantor cabang bank. Nasabah perlu datang ke kantor cabang bank tempat mereka membuka rekening untuk mengajukan aktivasi m-banking.
  2. Isi formulir pendaftaran. Nasabah perlu mengisi formulir pendaftaran m-banking yang disediakan oleh pihak bank. Formulir ini berisi data-data nasabah, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  3. Sertakan dokumen pendukung. Nasabah perlu menyertakan dokumen pendukung, seperti fotokopi KTP dan buku tabungan, saat mengisi formulir pendaftaran m-banking.
  4. Verifikasi identitas. Setelah mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan dokumen pendukung, nasabah perlu melakukan verifikasi identitas. Verifikasi identitas dapat dilakukan dengan cara menunjukkan KTP asli dan buku tabungan asli kepada petugas bank.
  5. Aktifkan m-Banking. Setelah verifikasi identitas selesai, petugas bank akan mengaktifkan m-banking nasabah. Nasabah akan menerima SMS yang berisi username dan password untuk mengakses m-banking.
  6. Unduh aplikasi m-banking. Nasabah perlu mengunduh aplikasi m-banking dari App Store atau Google Play Store. Aplikasi m-banking biasanya disediakan secara gratis oleh pihak bank.
  7. Login ke aplikasi m-banking. Setelah mengunduh aplikasi m-banking, nasabah perlu login menggunakan username dan password yang diterima melalui SMS.
  8. Atur ulang password. Setelah login pertama kali, nasabah disarankan untuk mengatur ulang password m-banking mereka. Atur password yang kuat dan mudah diingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Tips Menggunakan m-Banking dengan Aman

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan m-banking dengan aman:

  • Gunakan perangkat seluler yang aman. Pastikan perangkat seluler yang digunakan untuk mengakses m-banking aman dan bebas dari malware. Hindari menggunakan perangkat seluler yang sudah di-root atau di-jailbreak.
  • Jangan akses m-banking di jaringan Wi-Fi publik. Jaringan Wi-Fi publik tidak aman dan dapat dengan mudah diakses oleh hacker. Jika terpaksa harus menggunakan jaringan Wi-Fi publik, gunakan VPN (Virtual Private Network) untuk melindungi data dan transaksi.
  • Selalu log out dari aplikasi m-banking setelah selesai digunakan. Jangan biarkan aplikasi m-banking tetap terbuka di perangkat seluler saat tidak digunakan. Hal ini dapat memudahkan hacker untuk mengakses akun m-banking.
  • Pantau aktivitas m-banking secara berkala. Periksa mutasi rekening dan transaksi m-banking secara berkala untuk memastikan tidak ada transaksi yang tidak sah.
  • Laporkan segera jika terjadi kehilangan perangkat seluler atau penyalahgunaan m-banking. Jika perangkat seluler hilang atau dicuri, segera hubungi pihak bank untuk memblokir akun m-banking. Jika terjadi penyalahgunaan m-banking, segera hubungi pihak bank dan laporkan kejadian tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tips keamanan yang diberikan, Anda dapat membuat dan menggunakan m-banking dengan aman dan nyaman.