Rahasia Kulit Molen Renyah & Tahan Lama, 100% Dijamin Berhasil!

Cara membuat kulit molen yang renyah tahan lama dengan bahan-bahan sederhana dan tips untuk menyimpannya agar tetap renyah.
Rahasia Kulit Molen Renyah & Tahan Lama, 100% Dijamin Berhasil!

Cara Membuat Kulit Molen Renyah Tahan Lama

Molen merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan minyak goreng. Kulit molen yang renyah dan tahan lama merupakan salah satu kunci keberhasilan membuat molen yang enak. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat kulit molen yang renyah dan tahan lama:

1. Gunakan Tepung Terigu Berkualitas Baik

Kualitas tepung terigu sangat mempengaruhi hasil akhir kulit molen. Gunakan tepung terigu yang berkualitas baik, seperti tepung terigu protein tinggi atau tepung terigu serbaguna. Tepung terigu yang berkualitas baik akan menghasilkan kulit molen yang renyah dan tidak mudah lembek.

2. Uleni Tepung Terigu dengan Margarin

Margarin berfungsi untuk membuat kulit molen lebih renyah dan gurih. Uleni tepung terigu dengan margarin hingga tercampur rata. Pastikan margarin tidak mencair, karena akan membuat kulit molen menjadi keras.

3. Tambahkan Telur

Telur berfungsi untuk mengikat bahan-bahan kulit molen dan membuatnya lebih elastis. Tambahkan telur ke dalam adonan tepung terigu dan margarin, lalu uleni hingga tercampur rata.

4. Tambahkan Gula

Gula berfungsi untuk memberi rasa manis pada kulit molen. Tambahkan gula ke dalam adonan tepung terigu, margarin, telur, dan uleni hingga tercampur rata.

5. Tambahkan Air

Air berfungsi untuk membuat adonan kulit molen lebih kalis dan mudah dibentuk. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.

6. Istirahatkan Adonan

Setelah adonan kalis, istirahatkan adonan selama 30 menit. Hal ini bertujuan untuk membuat adonan lebih rileks dan mudah dibentuk.

7. Bentuk Adonan

Setelah adonan diistirahatkan, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Kemudian, pipihkan adonan dengan rolling pin hingga tipis.

8. Goreng Kulit Molen

Goreng kulit molen dalam minyak panas hingga matang dan renyah. Pastikan minyak tidak terlalu panas, karena akan membuat kulit molen gosong.

9. Simpan Kulit Molen

Setelah kulit molen matang, simpan kulit molen dalam wadah kedap udara. Kul molen dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan dengan benar.

10. Sajikan Kulit Molen

Kulit molen dapat disajikan langsung atau diisi dengan berbagai macam isian, seperti cokelat, kacang hijau, atau keju. Sajikan kulit molen dengan teh hangat atau kopi.